Kamis, 27 November 2014

Kunjungan IEC RMC VI Sulawesi Tenggara

Sekretariat PNPM-MPd Kab. Muna
Sekretariat PNPM-MPd Kab. Muna

Ibu Farida Hamra selaku Spesialis IEC RMC VI Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan lokasi di Kabupaten Muna. Ibu Farida Hamra atau akrab disebut Ibu Ida oleh Tim Faskab Muna melakukan kunjungan ke 3 Kecamatan. Setibanya di di Kabupaten Muna beliau langsung menuju ke Sekretariat PNPM-MPd Kab Muna.





Persiapan menuju ke Lokasi Kecamatan Ibu Ida diantar oleh Tim Faskab Muna sebelum menuju ke kecamatan Tim menuju kesebuah warung makan untuk makan siang terlebih dahulu. (Bakso Mawar). Selanjutnya melihat proses pelatihan menjahit Kecamatan Lawa di Saradiva.
Saradiva Tempat Pelatihan MenjahitWarung BaksoSaradiva Tempat Pelatihan Menjahit


Kecamatan Kontunaga
Tenun Kecamatan KontunagaSebelum melakukan kunjungan diKecamatan Watopute diperjalanan Tim Kabupaten dan Spesialis IEC RMC VI Melalui Kecamatan Kontunaga dan melihat proses pembuatan Kain Tenun yang merupakan Binaan Kelompok SPP Kecamatan Kontunaga.

Tenun Kecamatan KontunagaTenun Kecamatan KontunagaTenun Kecamatan Kontunaga
Kecamatan Watopute
Pelatihan Sapu Ijuk Kecamatan Watopute
Ibu ida melakukan kunjungan lokasi di Kecamatan Watopute bertepatan dengan dilaksanakannya pelatihan pembuatan Sapu Ijuk di Kecamatan Tersebut. Ibu Ida melihat aktifitas pelatihan dan proses pembuatan sapu ijuk dari proses persiapan samapai hasil akhir dan melihat pohon yang menghasilkan ijuk tersebut. Ibu ida juga meninjau papan informasi yang ada di Kecamatan Watopute. (25/11/14).
Pelatihan Sapu Ijuk Kecamatan WatoputePelatihan Sapu Ijuk Kecamatan WatoputePelatihan Sapu Ijuk Kecamatan Watopute

Pelatihan Sapu Ijuk Kecamatan WatoputePelatihan Sapu Ijuk Kecamatan WatoputePelatihan Sapu Ijuk Kecamatan Watopute


Kecamatan Lasalepa
Kunjungan Ke kecamatan Lasalepa
Kecamatan Lasalepa merupakan tempat kunjungan selanjutnya, di Kecamtan Lasalepa Ibu Ida meninjau Sekretariat UPK-Kec. Lasalepa. dan melihat ke Papan Informasi dan informasi- informasi yang ada didalam Sekretariat UPK Kecamatan Lasalepa, dilanjutkan dengan melihat pekerjaan Fisik Pasar Desa yang berada di Desa Parida. Perjalan Pulang Menuju Kecamatan Kontunaga berhenti sejenak menikmati indahnya sungai yang berada di Desa Parida Kecamatan Lasalepa, sambil menghilangkan dahaga dengan suguhan ES Buah. (25/11/14)

Kunjungan Ke kecamatan LasalepaKunjungan Ke kecamatan LasalepaKunjungan Ke kecamatan Lasalepa

Kunjungan Ke kecamatan LasalepaKunjungan Ke kecamatan LasalepaKunjungan Ke kecamatan Lasalepa


Kecamatan Kontunaga
Mobil Tangki Kecamatan Kontunaga Perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Kontunaga meninjau Pasar Desa Mabodo dan Truk Tangki Air yang merupakan Milik PNPM-MPd Kecamatan Kontunaga yang dikelola oleh BUMDES. Ibu Ida melihat pekerjaan Pasar yang berada di Desa Mabodo Kecamatan Kontunaga dan Papan informasi di Kecamatan Tersebut.




Pasar Desa Mabodo Kecamatan KontunagaMobil Tangki Kecamatan KontunagaPasar Desa Mabodo Kecamatan Kontunaga


Goa Liangkabori Kecamatan Lohia
Goa Liangkabori Kecamatan Lohia

Akhir Perjalan pulang Tim Faskab dan Ibu Ida bersama dengan teman-teman pelaku Kecamatan menuju ke salah satu peninggalan sejarah Kabupaten Muna di Goa Liangkabori yang terletak di Kecamatan Lohia. Setibanya dilokasi kami serentak langsung menuju goa yang pertama yang banyak terdapat lukisan-lukisan sejarah sejak ribuan tahun yang lalu, kemudian menuju Goa selanjutnya yang merupakan tempat peristirahatan para nenek moyang suku Muna tersebut. (AssMIS Muna - 25/11/14)
Goa Liangkabori Kecamatan LohiaGoa Liangkabori Kecamatan Lohia




0 komentar:

Posting Komentar